RealMe C3

Realme c3 spesifikasi, fitur, review kelebihan dan kekurangan

Realme C3 resmi rilis di indonesia dengan varian RAM 3GB dan 2GB, serta memori internal 32GB. untuk pasar indonesia, realme membekai seri c3 ini dengan triple kamera, berbeda dengan versi india yang hanya memiliki dual kamera belakang.

Penerus dari realme c2 ini telah mengalami peningkatan spesifikasi yang terbilang signifikan, mulai dari sektor fotgrafi yang mengandalkan triple kamera, performa yang lebih kencang dan gahar untuk main game, serta baterai yang lebih besar.

Spesifikasi RealMe C3

Memori 32GB + RAM 3GB, 32GB + RAM 2GB
Slot MicroSD hingga 256GB (dedicated)
Chipset Mediatek Helio G70 (12 nm)
CPU Octa-core 2.0 GHz (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.7 GHz Cortex-A55)
GPU Mali G52 2EEMC2
OS RealMe UI 1.0 Berbasis Android 10
Rilis Februari, 2020
Bodi
Layar IPS 6.5 inchi, 720 x 1600 piksel ~270 ppi (rasio 20:9)
Fitur 480 nits brightness, Gorilla Glass 3
Dimensi 164.4 x 75 x 8.95 mm
Berat 195 gram
Warna Frozen blue, Blazing red
Kamera Depan
Single 5 MP, f/2.4, 27mm (wide)
Fitur AI HDR, AI Beauty, Potrait
Video 1080p@30fps
Kamera Belakang
Triple 12 MP (wide) 28mm, f/1.8, PDAF
2 MP (macro), 4cm
2 MP (depth), f/2.4
Fitur 4x digital zoom, AI HDR, AI Beauty, Chroma boost, filter, expert
Video 1080p@30fps, @120fps slow-mo, time-lapse
Konektivitas
SIM Dual SIM, 2G/3G/4G LTE
USB Micro-USB 2.0, USB OTG
Port Audio jack 3.5 mm
NFC Belum Tersedia
Infrared Belum Tersedia
Sensor Fingerprint, proximity, kompas, light, magnetic, akselerometer
Lain Wifi, Hotspot portable, GPS, Bluetooth
Baterai
Kapasitas Non-removable Li-po 5000 mAh
Fitur Charging 10W (5V, 2A)
Harga Baru
Varian Rp 1,5 jutaan (2/32GB)
Rp 1,8 jutaan (3/32GB)
Beli Cek Harga Terbaru & Beli di Shopee Bukalapak
Semua Tipe HP RealMe
Cek Daftar HP RealMe Terbaru 2023
Cek Harga Termurah Hari ini di :
Shopee Tokopedia

Fitur Unggulan RealMe C3

Untuk HP dengan harga dibawah 2 juta, realme c3 ini memiliki beberapa fitur unggulan yang jarang di temui pada smartphone lainnya.


Mulai dari penggunaan triple kamera, baterai besar 5000 mAh yang bisa di jadikan sebagai powerbank, chipset helio G70 yang memiliki performa kencang dan mantap untuk main game, hingga desain yang tampak mewah.

AI Triple Kamera

kamera realme c3

Pada sektor fotgrafi, realme c3 dibekali dengan triple kamera dibagian belakang. lensa utama beresolusi 12MP dengan bukaan lensa f/1.8 yang dapat membuat hasil jepretan menjadi lebih terang.

lensa kamera kedua dan ketiga, memiliki resolusi 2MP. yang berfungsi sebagai kamera macro untuk foto objek kecil dan sebagai lensa depth untuk menciptakan foto dengan efek bokeh.

Selain itu, kamera realme c3 ini sudah di dukung dengan teknologi AI HDR dan chroma boost yang mampu menghasilkan jepretan yang lebih bagus, AI Beauty untuk hasil foto yang lebih cakep, hingga fitur expert agar pengguna bisa mengatur fitur kamera secara manual.

Untuk foto selfie, memang resolusi kamera depannya tidak terlau tinggi, hanya 5MP saja. namun hadirnya fitur AI HDR, AI beauty dan mode potrait akan mendongkrak hasil jepretan.

Hasil kamera Realme C3

Silahkan tap gambar untuk memperbesar.

Helio G70 : Performa Kencang, Game Lancar

Helio G70 Realme C3

Meski di banderol dengan harga murah, namun performa realme c3 ini tak usah di ragukan lagi. Performanya kencang dan lancar berkat SoC helio G70 yang dipadukan dengan Realme UI.

Untuk main game juga lancar, karena menggunakan SoC helio G70 yang di khususkan untuk bermain game. apalagi di dukung dengan RAM besar hingga 3GB dan fitur game space yang akan membuat pengalaman bermain game semakin asik.

Penasaran dengan hasil skor antutu benchmark dari realme C3? skor yang di hasilkan adalah 180 ribu poin, lebih tinggi bila di banding snapdragon 655 yang rata-rata menghasilkan 160 ribu hingga 170 ribu poin.

SKOR ANTUTU BENCHMARK REALME C3

Baterai Besar, Bisa Jadi Powerbank

baterai realme c3

Selain performa yang kencang, realme c3 ini juga memiliki baterai yang awet dengan kapasitas besar 5000 mAh. sehingga aktivitas dalam menggunakan smartphone menjadi lebih tenang tanpa khawatir baterai cepat habis.

Karena kapasitas baterainya yang besar, realme menyematkan fitur “reverse charging“. fitur ini memungkinkan realme c3 dapat di jadikan sebagai powerbank, bisa ngisi daya baterai smartphone atau gadget lainnya.

Namun sayangnya realme c3 ini belum mendukung fitur fast charging, sehingga proses pengisian daya baterai terasa lama. untuk durasi lama pengecasan silahkan lihat pada bagian kekurangan realme c3 dibawah.

Layar Lebar dengan Notch Mini

layar realme c3

Realme C3 ini memiliki layar yang lebar 6.5 inchi dengan sudut pandang yang luas berkat rasio layar ke bodi-nya yang mencapai 89.8%. layarnya menggunakan panel IPS dengan resolusi HD+.

Layarnya memiliki tingkat kecerahan yang tergolong tinggi, mencapai 480 nits. sehingga konten di dalam layar bisa terlihat lebih jelas meski dibawah sinar matahari.

Selain itu, realme juga menyematkan fitur night mode untuk keamanann mata. layarnya juga sudah di lapisi dengan kaca gorilla glass 3 untuk melindungi layar dari goresan halus.

Desain

desain realme c3

Desain realme c3 mengalami peningkatan bila di banding pendahulunya, realme c2. bodi bagian belakang memiliki tekstur kasar dengan motif bergelombang ala matahari terbit.

Secara keseluruhan, desain realme c3 ini tergolong mewah dikelasnya. Saat di genggam tidak terasa licin dan tidak gampang kotor akibat ceplakan sidik jari, berkat tekstur kasar pada bagian belakang bodi-nya.

Kelebihan dan Kekurangan RealMe C3

Untuk menentukan kelebihan serta kekurangan dari realme c3, parameter yang di gunakan berdasarkan harga, spesifikasi dan fitur yang terdapat di dalamnya. informasi lebih lanjut, silahkan lihat dibawah ini.

Kelebihan RealMe C3

  1. Menggunakan tiga modul kamera dan fitur canggih berbasis AI
  2. Memilki bukaan lensa lebar f/1.8 yang dapat hasilkan foto lebih cerah
  3. Terdapat lensa makro untuk foto benda kecil lebih bagus
  4. Terdapat lensa depth untuk foto bokeh lebih maksimal
  5. Bisa rekam video slow-mo hingga 120fps
  6. Kamera selfie memiliki fitur beauty dan HDR berbasis AI
  7. Layar lebar dan luas
  8. Tingkat Kecerahan layar mencapai 480 nits, lebih terang saat dibawah matahari
  9. Layar di lindungi kaca gorilla glass 3
  10. SoC gahar, performa kencang dan main game lancar
  11. Menggunakan OS Android terbaru versi 10
  12. Penyimpanan dan RAM cukup besar
  13. Fitur keamanan sensor fingerprint dan face unlock yang cepat
  14. Menggunakan dedicated slot (2x nano SIM + 1 micro SD)
  15. Baterai besar 5000 mAh
  16. Dapat di jadikan sebagai powerbank
  17. Desain yang tergolong mewah dikelasnya

Kekurangan RealMe C3

  1. Belum mendukung fitur fast charging, butuh waktu 2,5 jam – 3 jam saat mengisi daya hingga penuh
  2. Belum mendukung sensor giroskop

RealMe C3 Cocok di Gunakan untuk Apa Saja ?

Setelah melihat spesifikasi, fitur serta kelebihan dan kekurangan dari realme C3. maka dapat di simpulkan bahwa realme c3 ini cocok di gunakan untuk beberapa hal dibawah ini.

Realme C3 ini cocok digunakan untuk keperluan fotografi dengan budget yang minim. karena di dukung dengan tiga kamera dan fitur canggih berbasis AI.

Selain itu, realme c3 ini lancar digunakan untuk bermain game HD kelas menengah (PUBG mobile & mobile legends) maupun nonton film. karena di dukung SoC helio G70 dengan RAM hingga 3GB, layar lebar dan luas, serta baterai yang awet.

Untuk keperluan akses sosial media, streaming youtube dan keperluan harian lainnya sudah tergolong sangat cukup. karena di dukung dengan jaringan 4G LTE, layar lebar dan baterai yang awet.

Dengan banderol harga dibawah 2 juta rupiah, fitur maupun spesifikasi dari realme c3 ini tergolong tinggi dikelasnya, terutama di sektor performa dan kamera.

Realme Lainnya