7 Cara Mengatasi Jaringan 4G Telkomsel yang Lemot di Android

Begini cara mengatasi koneksi internet telkomsel yang lemot

Telkomsel merupakan salah satu provider seluler terbesar dengan jaringan terluas di indonesia. Mulai dari perkotaan hingga pedesaan, tak heran bila banyak pengguna smartphone kini menggunakan telkomsel sebagai jasa penyedia layaan internet mereka.

Namun terkadang ada saja masalah yang di alami pengguna, misalnya koneksi internet telkomsel tiba-tiba lemot atau tidak stabil, padahal sinyal penuh dan sudah menggunakan jaringan 4G.

Kecepatan akses internet di smartphone android di pengaruhi oleh beberapa hal, mulai dari aktivitas aplikasi, fitur di smartphone hingga notifikasi bisa menjadi penyebab lambatnya koneksi internet.

Buat kamu pengguna telkomsel yang menglamai hal tersebut, berikut cara mengatasi jaringan internet telkomsel yang lemot meski sudah pakai 4G LTE.

1. Blokir Notifikasi yang Tidak Penting

bar notifikasi

Memblokir notifikasi dari aplikasi yang tidak penting akan membuat koneksi internet kamu menjadi lebih stabil.

karena setiap aplikasi yang mengirim notifikasi menggunakan data internet, sehingga akan menjadi beban jika terlau banyak notifikasi yang masuk di waktu bersamaan.

Agar koneksi internet telkomsel lebih stabil, silahkan non-aktifkan atau blokir notifikasi (pemberitahuan) dari aplikasi yang kamu anggap tidak penting, bahkan tidak kamu gunakan.

Bagaimana cara memblokir notifikasi ? Pertama, tekan lama notifikasi tersebut, lalu pilih jangan tampil atau blokir notifikasi. Cara kedua, gulir sedikit ke kiri, lalu pilih menu titik tiga dan pilih blokir.

2. Gunakan APN Sakti

Setiap operator pasti memiliki APN jaringan, termasuk telkomsel. Di smartphone android kamu bisa mengubah APN, proxy dan lainnya melalui pengaturan jaringan seluler.

Pengalaman saya, mengubah pengaturan jaringan dengan APN tertentu bisa mempercepat koneksi internet dan sebaliknya.

Bagaimana cara mengetahui APN telkomsel yang cepat ? Cobalah satu persatu settingan APN yang bisa kamu temui di google. Lalu catat, tes kecepatan internet menggunakan aplikasi speed test dan bandingkan hasilnya.

Dengan begitu, kamu akan menemukan settingan APN telkomsel tercepat untuk daerah kamu.

3. Matikan Fitur yang Tidak di Gunakan

Ada beberapa fitur di smartphone android yang menggunakan akses internet saat di aktifkan. seperti GPS, fitur sinkron aplikasi dan semacamnya.

Agar koneksi internet telkomsel yang kamu pakai lebih stabil, matikan lah fitur-fitur tersebut saat tidak kamu gunakan.

4. Pindah lokasi

Jaringan telkomsel memang terkenal luas, namun terkadang di tempat tertentu sinyal telkomsel tidak terisi penuh atau naik turun.

Cobalah untuk pindah ke lokasi yang lebih terbuka agar sinyal telkomsel lebih stabil, sehingga akses internet bisa lebih cepat.

5. Restart Smartphone atau Bersihkan Aplikasi

Sering menghidupkan data seluler terus menerus ? terkadang hal ini bisa membuat koneksi internet kamu lambat.

karena ada beberapa aplikasi yang berjalan di belakang layar menggunakan internet tanpa kamu sadari. Seperti facebook, instagram dan aplikasi lainnya.

Untuk mengatasi hal ini, ada dua cara yang bisa kamu coba.

Pertama, bersihkan aplikasi yang berjalan di latar belakang agar sistem lebih segar, kemudian aktifkan mode pesawat agar jaringan lebih fresh.

Jika tidak mempan, cara kedua bisa kamu terapkan, yakni restart (mulai ulang) smartphone. agar semua aplikasi yang berjalan di belakang layar benar-benar berhenti dan jaringan kembali fresh.

6. Matikan Auto-Update Aplikasi

Tanpa di sadari terkadang ada aplikasi yang sedang download data atau proses update yang sedang berjalan. hal ini tentu akan membuat koneksi internet terbagi, sehingga ketika kamu buka sosial media atau streaming video di youtube menjadi lebih lemot.

Untuk mengatasi hal tersebut, matikan update aplikasi otomatis di jaringan seluler.

Bagaimana caranya ? simak dibawah ini:

  1. Buka playstore, klik menu di pojok kiri atas
  2. Pilih setelan, lalu pilih update aplikasi secara otomatis
  3. Pilih melalui wi-fi saja atau jangan update aplikasi secara otomatis

7. Hapus aplikasi yang tidak penting

Saat beli smartphone baru maupun bekas terkadang ada beberapa aplikasi yang terinstall secara otomatis. Jika aplikasi tersebut memerlukan koneksi internet, tentunya akan membuat koneksi internet semakin lambat.

Untuk mengatasinya, hapus aplikasi yang tidak penting (jika bisa). Jika tidak bisa di hapus, non-aktifkan atau batasi penggunaan data seluler.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jaringan internet telkomsel yang lemot meski sudah pakai jaringan 4G.

Langkah – langkah diatas adalah cara yang umum namun cukup ampuh untuk mengatasi jaringan internet yang lemot, beberpaa poin saya tulis berdasarkan pengalaman dan setahu saya, mohon maaf bila ada kekeliruan.

Bermanfaat ? Bagikan ! Twitter Facebook
Tags:

Tentang Penulis

Emil Ghani

Mulai menulis sejak tahun 2015. Saya senang menulis artikel yang berkaitan dengan smartphone dan teknologi. Sebelum menulis, saya sering melakukan riset untuk menghasilkan konten yang akurat dan berkualitas tinggi.