logo hpsaja website

Perbedaan Baterai Li-ion dan Li-po serta kelebihan & kekurangan

Kualitas baterai Li-ion dan Li-po bagus mana? berikut Ulasan nya versi hpsaja.com – Baterai merupakan salah satu komponen paling penting sebagai sumber tenaga pada gadget. jika dulu kebanyakan gadget menggunakan baterai jenis Li-ion maka seiring perkembangan teknologi kini paraa vendor gadget mulai beralih ke baterai generasi terbaru yakni Li-po karena di percaya sebagai baterai yang fleksibel dan ringan sehingga mudah di bentuk.

Perbedaan dari ke dua jenis baterai ini secara fisik cukup mudah, biasa nya baterai jenis Li-ion bisa di lepas, bobot lebih berat dari pada li-po serta ukuran yang lebih besar. sedangkan baterai jenis li-po biasa nya Non removable atau tertanam pada perangkat sehingga tidak bisa di lepas dengan mudah.

Namun tak semua jenis baterai li-po non removable/tertanam, ada juga sebagian Gadget yang menggunakan baterai li-po namun bisa di lepas seperti xiaomi redmi note 2 dan note 2 prime yang kami pakai saat ini.

Perbedaan Kualitas baterai Li-po dan Li-ion

Sebelum kita membedakan kedua jenis baterai ini, alangkah baik nya kita ketahui dulu apa sih yang di maksud dengan baterai Li-ion dan Baterai Li-po? berikut penjelasan lengkap nya.

1. Penjelasan Baterai Li-ion (Lithium Ion)

baterai Li-ion lithium ion

Baterai Li-ion Samsung

Baterai jenis Li-ion merupakan baterai yang paling banyak di gunakan pada gadget di segmen menengah ke bawah karena baterai jenis ini mudah di rawat, mampu menampung energi yang lumayan besar, harga dan biaya produksi nya lebih murah dari pada baterai Li-po.

Baterai Lithium Ion (Li-ion) hampir tidak mengandung zat berbahaya namun akan sangat mudah meledak bila di dekatkan dengan api atau benda dengan suhu panas yang tinggi.

Maka dari itu, jika baterai jenis ini rusak harap jangan di buang sembarangan atau jangan sampai di bakar, buanglah dengan cara memendam nya agar lebih aman.

kelebihan dan kekurangan Baterai li-ion

Kelebihan Baterai Li-ion

  • Harga murah dan mudah di dapatkan di toko accesories gadget
  • perawatan mudah
  • Bisa di lepas dengan mudah tanpa alat atau ahli khusus
  • siklus pengisian cukup banyak. arti nya bisa di pakai dan di isi berulang – ulang kali, umum nya hingga 1000 kali charge.

Kekurangan baterai Li-ion

  • Bentuk Lebih besar dan tebal untuk kapasitas besar
  • tidak kuat terhadap suhu panas tinggi, akan menyebabkan baterai terbakar atau meledak
  • ketika siklus pengisian semakin sedikit, maka daya tahan nya juga akan menurun.
  • umur baterai relatif pendek, biasa nya hanya mampu bertahan 1-2 tahun dari pemakaian pertama dan akhir nya drop atau rusak.

2. Penjelasan Baterai Li-Po (Lithium Polymer)

baterai-li-po lithium polymer

Baterai li-po/li poly

Baterai jenis Li-po merupakan generasi baterai terbaru dari li-ion, Baterai jenis Li-po biasanya dapat di temukan pada smartphone yang memiliki body tipis karena jenis baterai ini mudah di bentuk dan bobot nya ringan.

biasa nya gadget yang memakai baterai jenis li-po tidak akan bisa di lepas atau non removable. jadi bagaimana bila baterai rusak ? apa bisa di ganti? sebenar nya bisa, namun membutuhkan alat dan teknisi khusus.

baterai jenis ini bersifat liquid (cair) dan mampu menghantarkan daya lebih cepat maka tak heran bila baterai jenis ini proses pengisian nya lebih cepat dari pada baterai li-ion.

kelebihan dan kekurangan Baterai li-Po

Kelebihan Baterai li-po

  • Bobot ringan
  • bentuk tipis dan fleksibel sehingga dapat di bentuk sesuai kebutuhan gadget
  • Lebih tahan lama dari pada li-ion karena tingkat self discharge sangat rendah
  • Lebih aman karena resiko kebocoran elektrolit sangat rendah

Kekurangan Baterai li-po

  • Harga mahal
  • Sulit di dapat di pasaran
  • daya tampung energi rendah
  • Perawatan sulit, karena kebanyakan baterai jenis ini tidak bisa di lepas sehingga membutuhkan alat atau teknisi khusus untuk membuka nya.

Perbedaan Baterai Jenis Li ion dan li po

Setelah kita membaca penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwa baterai jenis Li-po memiliki bentuk yang lebih tipis, fleksibel dan ringan dari pada jenis Li-ion.

Bateri jenis li-po lebih tahan lama di bandingkan jenis li-ion karena memiliki tingkat self discharge yang sangat rendah.

Di sisi lain baterai Li-ion mampu menampung kapasitas yang lebih besar dari pada jenis Li-po, baterai jenis Li-ion mudah di lepas atau pun di ganti.

Untuk mendapatkan baterai jenis Li-on pun sangat mudah di temukan di pasaram dam harga nya relatif lebih murah.

jika kamu kurang puas dengan kesimpulan di atas atau bingung untuk memilih kedua jenis baterai ini silahkan simpulkan dan putuskan sendiri dengan cara membaca penejelasan, kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis baterai tersebut pada artikel di atas.

Nah itulah Infromasi sepuatar Perbedaan baterai Li ion dan li po serta kelemahan & Kelebihan nya, pilihan jenis baterai ada di tangan mu, sesuaikan saja dengan budget dan kebutuhan. semoga bermanfaat.